Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 1, No 1 (2018)"
:
10 Documents
clear
Implementasi Pembelajaran Matematika Model PACE Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar Abstrak Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu
Novia Ayu Lestari
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : IAIN BENGKULU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (736.576 KB)
|
DOI: 10.29300/equation.v1i1.1350
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mata kuliah aljabar abstrak mahasiswa S1 pendidikan matematika FKIP Universitas Bengkulu dengan penerapan pembelajaran matematika model pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative and Exercise). Metodologi yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Adanya aktivitas yang baik pada saat pembelajaran, dimana mahasiswa memperhatikan guru menjelaska materi, bertanya , dan selanjutnya mengerjakan lembar kerja yang telah disediakan, berdiskusi, dan mempersentasikan hasil diskusi kelompoknya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh praktikan dengan menerapkan model pembelajaran PACE di kelas, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran PACE dapat meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa FKIP Matematika Universitas Bengkulu dengan penerapan model pembelajaran PACE hasil tes kemampuan pembuktian matematis mahasiswa memperoleh peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke sklus II sebesar 8,69 % ke 78,26 % secara klasikal. Kata Kunci: Model Pembeljaran PACE, Pembuktian Matematis, Aljabar Abstrak
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA S1 TADRIS MATEMATIKA IAIN BENGKULU
Jenny Agustina
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : IAIN BENGKULU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (289.417 KB)
|
DOI: 10.29300/equation.v1i1.1344
Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah salah satu tujuan penting dalam pembelajaran matematika Namun pada kenyataannya banyak mahasiswa yang kesulitan dalam memahami konsep matematika. Maka diperlukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran matematika. Salah satunya dengan memberikan variasi dalam penggunaan model pembelajaran. Seperti penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Maka penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu semester 1 yang berjumlah 18 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dua siklus melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan fase sebagai berikut (1) mengorientasikan siswa pada masalah; (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar; (3)membantupenyelidikanmandiridankelompok;(4) mengembangkan dan menyajikan artefak (hasil karya); (5) analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa memperoleh peningkatan nilai rata-rata siklus I sebesar 25,833 ke siklus II sebesar 68,611 dan persentase kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa meningkat dari siklus I sebesar 16,67%ke siklus II sebesar 88,89 %. Sehingga dalam penelitian ini didapat kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA S1 PGMI DENGAN PEMBELAJARAN INVESTIGASI PADA MATAKULIAHMETODOLOGI PENELITIAN DI IAIN KOTA BENGKULU
Dian Oktari;
Saleh Haji
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : IAIN BENGKULU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (261.451 KB)
|
DOI: 10.29300/equation.v1i1.1352
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran investigasi, untuk meningkatan kemampuan komunikasi matematika mahasiswa S1 Prodi PGMI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Bengkulu melalui pembelajaran investigasi. Metode Penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah mahasiswa S1 Prodi PGMI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) kota Bengkulu yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus untuk meningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan pembelajaran investigasi. Hasil penelitian dengan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan melalui pembelajaran investigasi adalah 53,13% pada katagori rendah yang merupakan rata-rata skor hasil keseluruhan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa secara lisan pada siklus I dan hasil tes kemampuan komunikasi matematis secara tertulis masih tergolong rendah dengan rata-rata persentasi sebesar 37,50 pada siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase keseluruhan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa secara lisan mencapai 95,83% yakni berada pada kategori tinggi dan terjadi peningkatan persentase keseluruhan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa secara terulis mencapai 87,50% yakni berada pada katagori tinggi. Kata kunci: Kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran investigasi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR LINIER MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
Kartika Zaini
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : IAIN BENGKULU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (242.488 KB)
|
DOI: 10.29300/equation.v1i1.1354
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan penerapan model pembelajaran Student FacilitatorAnd Explaining. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian mahasiswa S1 Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu dengan jumlah 27orang mahasiswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus melalui model pembelajaran Student FacilitatorAnd Explaining dengan fase sebagai berikut (1) menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai; (2) mendemonstrasika materi; (3) memberi kesempatan mahasiswa untuk menjelaskan ke mahasiswa lainnya; (4) menyimpulkan pendapat dari mahasiswa; (5) menerangkan kembali semua materi yang disajikan. Berdasarkan penelitian ini diperolekan kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Student FacilitatorAnd Explaining dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa dengan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa memperoleh peningkatan nilai rata-rata dari siklus I sebesar 57,59 ke siklus II sebesar 77,22 dan persentase kemampuan pemahaman matematis mahasiswa meningkat dari siklus I sebesar 59,25 % ke siklus II sebesar 85,18 % . Kata Kunci : Student Facilitator And Explaining (SFAE), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
PENGARUH PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN EXTENDED TRIAD LEVEL ++ TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUKTIKAN DAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS
Dodi Isran
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : IAIN BENGKULU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (451.471 KB)
|
DOI: 10.29300/equation.v1i1.1347
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan bahan ajar analisis real berbasis model pembelajaran Extended Triad Level ++ yang valid, praktis dan efektif serta pengaruhnya terhadap kemampuan membuktikan dan kemampuan representasi matematis. Penelitian ini juga melihat pengaruh linier kovariat pretes terhadap kemampuan pembuktian dan kemampuan representasi matematis kelas eksperimen (Bahan Ajar Berbasisi Extended Triad Level ++) dan kelas kontrol serta perbedaan pada level perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berdasarkan pengembangan plomp 1999. Bahan ajar yang dikembangkan berupa Buku Ajar, Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM), Rencana Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar (THB). Subyek penelitian adalah Mahasiswa Pendidikan Matematika (S1) Universitas Bengkulu dan Universitas Muhammadiyah Bengkulu semester VI. Dengan hasil penelitian, (1) menghasilkan bahan ajar berbasis Model Struktur Representasi Pengetahuan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Extended Triad Level++). (2) terdapat perbedaan pengaruh linier kovariat pretes terhadap kemampuan pembuktian dan kemampuan representasi matematis kelas eksperimen (Bahan Ajar Berbasis Extended Triad Level ++) dan kelas kontrol serta perbedaan pada level perguruan tinggi. Kata Kunci : Bahan Ajar, Kemampuan Pembuktian, Representasi Matematis, Extended Triad Level++
PEMBINAAN IN HOUSE TRAINING GURU MATEMATIKA SMA KOTA BENGKULU UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENYUSUNAN BUTIR SOAL
Suharto Suharto
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : IAIN BENGKULU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (294.104 KB)
|
DOI: 10.29300/equation.v1i1.1357
Berdasarkan hasil pengamatan dan supervisi yang penulis lakukan terhadap guru matematika SMA di Kota Bengkulu, ditemukan bahwa Kompetensi Guru dalam menyusun soal ujian semester masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang pelaksanaan pembinaan in house training upaya meningkatkan Kompetensi Guru dalam menyusun butir soal. Pembinaan in house training ini dilaksanakan dengan metode pembinaan pada sekolah masing-masing, yaitu ditempat guru melakukan program pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 42 orang guru matematika SMA di Kota Bengkulu yang merupakan guru binaan peneliti. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembaran obeservasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembinaan in house training dapat meningkatkan Kompetensi Guru dalam menyusun butir soal. Hal ini dilihat dari kemampuan guru dalam penyusunan butir soal mengalami perbaikan, yang dilihat dari segi kelengkapan penyusunan butir soal berupa kisi-kisi butir soal, soal tes, kunci jawaban soal dan analisis butir soal. Disamping itu berdasarkan hasil penilitian yang dilakukan nilai rata-rata kelengkapan penyusunan butir soal yang dibuat oleh guru juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus satu rata-rata persentase 53,2 % (kurang) dan pada siklus dua 82,5 % (baik). Kata Kunci : In House Training, Guru, Matematika
MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATA KULIAH ALJABAR LINIER PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKHNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
Fitri Dara Derita
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : IAIN BENGKULU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (203.983 KB)
|
DOI: 10.29300/equation.v1i1.1342
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dengan penerapan model pembelajaran Open Ended. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian mahasiswa prodi sistem informasi universitas muhammadiyah Bengkulu tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 27 orang siswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus melalui model pembelajaran open ended dengan fase sebagai berikut (1) mengorientasikan mahasiswa pada masalah; (2) mengorganisasikan mahasiswa untuk belajar; (3) membantu penyelidikan mandiri dan kelompok; (4) mengembangkan dan menyajikan artefak (hasil karya); (5) analisis dan evaluasi proses . Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran open ended dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa dengan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa memperoleh peningkatan nilai rata-rata dari siklus I sebesar 71,09375 ke siklus II sebesar 80,125 dan persentase kemampuan pemahaman matematis mahasiswa meningkat dari siklus I sebesar 71,875% ke siklus II sebesar 81,25% Kata Kunci : Kemampuan pemahaman matematis,open ended
PENGARUH GAYA BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL,SELF EFFICACY DAN ADVERTISY QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA
Malito Junizon
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : IAIN BENGKULU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (235.694 KB)
|
DOI: 10.29300/equation.v1i1.1348
Karakteristik suatu materi dalam matematika menuntut adanya suatu proses pembelajaran yang baik dan tepat bagi siswa. Suatu proses pembelajaran yang memiliki kesesuaian antara materi ajar, gaya mengajar guru dan gaya belajar siswa serta motivasi, ketekunan dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan berbagai situasi dan masalah. Kesesuaian gaya mengajar dan gaya belajar tersebut akan menimbulkan respon positif oleh siswa yang sangat membantu memaksimalkan proses belajar matematika siswa. Bagi siswa yang memiliki kesesuaian antara gaya mengajar guru terhadap gaya belajar yang siswa miliki, maka proses belajar yang dilaksanakan dimungkinkan akan terlaksana dengan baik. Sebaliknya bagi sebagian siswa yang justru tidak adanya kecocokan terhadap gaya mengajar guru, maka proses belajar yang dilaksanakan juga dimungkinkan tidak terlaksana dengan baik. Terhadap siswa yang heterogen yang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, menuntut adanya variasi gaya mengajar yang diberikan oleh guru kepada siswa. Penyampaian informasi dengan cara yang tepat akan memudahkan pengolahan informasi dalam struktur kognitif siswa sehingga memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa, seperti kemampuan memahami konsep, membedakan konsep-konsep yang saling terpisah, serta kemampuan melakukan perhitungan secara bermakna pada situasi atau permasalahan yang lebih luas. Makalah ini menyajikan bagaimana pengaruh gaya belajar,kecerdasan emosional,self efficacy dan advertisy quotient terhadap kemampuan pemahaman matematais siswa.Kata Kunci : Gaya belajar,kecerdasan emosional,self efficacy,advertisy quotient,pemahaman matematis;
MATEMATIKA DALAM ILMU MANAJEMEN
Yenti Sumarni
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : IAIN BENGKULU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (220.569 KB)
|
DOI: 10.29300/equation.v1i1.1343
Matematika sebagai ratu ilmu dimaksudkan bahwa matematika adalah sebagai sumber dari ilmu yang lain. Banyak sekali cabang ilmu pengetahuan yang pengembangan teori-teorinya didasarkan pada pengembangan konsep matematika. Sebagai contoh, banyak teori-teori dan cabang-cabang dari fisika dan kimia (modern) yang ditemukan dan dikembangkan melalui konsep kalkulus, khususnya tentang persamaan differensial. Dalam beberapa bidang manajemen misalnya, manajemen keuangan dilakukan perhitungan dan penyajian (tabel dan grafik data) menggunakan aplikasi dari matematika. Manajemen produksi, menuntut kemampuan perhitungan matematika yang matang baik segi biaya produksi, bahan dan jasa yang digunakan. Manajemen pemasaran mengenai permintaan dan penawaran yang dikembangkan melalui konsep fungsi dan kalkulus tentang differensial dan integral.Kata Kunci : Manajemen, Matematika
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Creative Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP
Poni Saltifa
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : IAIN BENGKULU
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (318.241 KB)
|
DOI: 10.29300/equation.v1i1.1345
Tujuan utama penelitian kuasi eksperimen ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar melalui metode inkuiri terbimbing dengan pendekatan creative problem solving (ITCP) dan yang mendapatkan pembelajaran biasa. Penelitian ini menggunakan desain the nonequivalent group, dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII salah satu sekolah menengah pertama negeri di kabupaten Kerinci. Sampel terdiri atas satu kelas sebagai kelompok eksperimen, yang belajar dengan ITCP dan satu kelas sebagai kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematis. Data dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar dengan ITCP dalam kategori tinggi, dan siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa dalam kategori sedang; (2) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar melalui pembelajaran ITCP lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Kata kunci :Kemampuan pemahaman matematis, metode inkuiri terbimbing dengan pendekatan creative problem solving (ITCP), pembelajaran biasa.